SEORANG KEJAWEN TUA

 Wajah dan kulit keriput membungkus tulangnya yang mulai rapuh, rambutnya menipis putih agak mengkilat. Malam itu dilahapnya nasi putih dengan lauk daun pepaya dan tempe rebus,sikiranya itu bisa dijadikan buka puasa. Seorang yang berumur lebih dari 70 tahun masih rajin berpuasa mutih, menjalankan amalan-amalan yang dipercayainya. Mbah Pardi begitu orang tua itu biasa disapa, hidup di pesisir Jawa Tengah di lingkungan desa yang cukup tenan.
 Masa muda ia adalah pegawai rumah sakit swasta bagian mesin, kerjaan utamanya ialah merawat mesin diesel dan instalasi listrik. Padahal ia tak lulus sekolah dasarpun, semua ia pelajari otodidak dari ikut bekerja di bengkel orang. Mbah Pardi sosok yang giat, bersahaja dan sopan, mulai dari tukang kebun hingga Kepala Rumah Sakit akrab dengannya. " Sopan iku kudu digowo ngendi wae, ben dihormati wong liyo !" begitu pesan pada cucunya agar selalu menjaga kesopanan dimanapun berada, mungkin itu pulalah yang membuat banyak orang akrab dengannya. Selain rajin di kerjaannya iapun sangat peduli, janin pasien yang keguguran biasanya oleh pihak rumah sakit akan dibuang begitu saja di bak sampah, ia mengambil mayat orok itu untuk diurus dan dimakamkan dengan layak. Hampir separoh hidupnya ia abdikan bekerja di rumah sakit hingga pensiun akhir 80an.
Keseharian di hari tua ia gunakan untuk mengasuh cucu-cucu dan membantu mengurus rumah ketiga anaknya secara bergantian. Mbah Pardi sosok yang menganut paham kejawen, suatu paham yang mencampurkan budaya jawa dalam ibadah agama Islam. Ia bermeditasi, puasa, terjaga di malam hari untuk melatih ilmu kebatinannya. Sejatinya semua itu ia lakukan bukan untuk memperoleh kekayaan dan kekuasaan, melainkan cara untuk bertahan membela diri dan untuk kesejahteraan. Ia tak mau beradu fisik, melainkan mengalahkan orang yang hendak mencelakainya dengan pandangan kekuatan batin, ia tak mau membenci orang yang tak menyukainya, karena menurutnya api tak pernah padam dengan api. Begitupun terkadang diminta mengobati tetangganya yang sakit atau, ia tak jumawa dengan ilmu yang dimiliki. Tetap ia berpuasa mutih walau badan tuanya mengkurus layu, hingga ia tak sanggup berdiri dengan kedua kakinya. Semua dilakukan sebagai wujud doa kepada Tuhan untuk kebahagiaan, kesejahteraan anak cucunya nanti, bukan untuk dirinya pribadi. Prinsip hidup dengan damai dan menjadi bermanfaat bagi orang lain ia bawa sampai ajal menjemputnya. 

1 comment:

KISAH SUKSES said...

Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI ZYEH MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau KLIK DISINI
saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
KEAMPUHAN ZIKIR AKI ZYEH MAULANA
1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
2.Penarikan Uang Melalui Mustika
3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
4.Jimat Pelaris
5.Perintah Tuyul
Dan Masih Banyak Lagi, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
BERJANJI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,NABI MUHAMMAD UTUSAN ALLAH.
BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas semua hutangku." (HR Abu Dawud 4/353)

PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

PENARIKAN DANA HIBAH

PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA